Daftar Blog Saya

Senin, 20 Juni 2011

KESUKAANKU TAURAT TUHAN


Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,
 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.
(Mazmur 1 : 1- 3)


Kehidupan yang diselaraskan dengan firman Tuhan akan memberikan dampak yang positif dalam seluruh aspek kehidupan kita. Keselarasan itu akan terwujud saat kita bukan sekedar menerima firman Tuhan dengan
lemah lembut saja tetapi diteruskan dengan suatu proses perenungan yang mendalam. Pemazmur mengajak kita untuk memiliki hoby yang berbeda dengan apa yang sedang dunia tawarkan agar kita berhasil dalam kehidupan ini . Berbicara tentang hobi saya teringat saat duduk dibangku sekolah, acapkali saat menuliskan biodata didalam buku perkenalan selalu ada yang menanyakan hobi saya dan segera saya menulis hobi saya adalah menyanyi dan tentu Anda pun ketika ditanya tentang hobi Anda maka Anda akan menjawab dengan macam-macam hobi / kesukaan sesuai dengan selera Anda. Hampir bisa dipastikan bahwa setiap kita jarang memiliki hobi seperti yang diajarkan oleh pemazmur. Di ayat yang kedua mazmur pasal pertama dituliskan : “tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN…,” Ini yang saya maksud berbeda, jarang kita temukan saat kita menuliskan hobi kita maka kita mengatakan kesukaanku ialah Taurat Tuhan.
Saudara-saudari kita harus mengubah apa yang menjadi kesukaan kita hari-hari ini. Kita harus mulai menyukai Taurat Tuhan dan merenungkannya siang dan malam karena hal ini akan sangat bermanfaat dalam kehidupan kita. Kita harus menyukai Taurat Tuhan artinya kita hrus memiliki kegemaran yang membawa kekekalan dan tentunya tidak pernah membuang-buang waktu kita untuk hal-hal yang sia-sia. Seperti yang dituliskan di ayat yang pertama dalam kitab Mazmur pasal kesatu ini yaitu : banyak orang yang kesukaannya berjalan menurut nasihat orang fasik, berdiri di jalan orang berdosa, dan duduk dalam kumpulan pencemooh. Jika ini yang menjadi kesukaan kita maka kita akan mengalami kesia-siaan dalam kehidupan ini.
Saya meyakini bahwa Anda ingin mengalami kebahagiaan dalam hidup Anda. Kuncinya miliki hobi yang ditawarkan oleh firman Allah. Kita harus menyukai firman Tuhan, kita harus merenungkannya siang dan malam karena kita akan seperti
pohon, yang ditanam di tepi aliran air. Artinya kita tidak akan pernah mengalami kekeringan rohani. Hidup kita akan selalu mengalami nj kesegaran jasmani dan rohani. Hidup kita akan menjadi bermakna karena kita dapat memaknai hidup ini dengan hikmat yang berasal dari firman Tuhan yang kita renungan sepanjang waktu.
Bukan saja mengalami kesegaran karena kita memiliki banyak sumber air tetapi kita juga akan mengalami sesuatu yang luar biasa saat kita merenungkan firman Tuhan.  Apakah hal-hal  yang luar biasa itu? Pertama, kita akan selalu berbuah pada musimnya. Ini menggambarkan bahwa segenap kehidupan kita akan senantiasa menghasilkan buah. Artinya kita akan mengalami kesuksesan yang kekal karena Tuhan yang memberikannya kepada kita. Kesuksesan dan keberhasilan yang kekal akan mengiringi langkah-langkah hidup ini. Coba Anda chek apakah Anda sedang berbuah pada musimnya atau tidak, jika ya puji nama Tuhan tetapi jika tidak berarti kesalahan Anda adalah tidak memiliki kesukaan atau hobi yang kekal yaitu Taurat Tuhan yang direnungkan siang dan malam. Yang kedua, hasil yang luar biasa itu adalah tidak layu daunnya. Hal ini menggambarkan bahwa tidak ada musim kering dalam kehidupan kita. Jika kita memiliki usaha, pekerjaan ataupun pelayanan maka semuanya akan terus meningkat. Artinya, dariwaktu ke waktu dari tahun ke tahun semua yang kita kerjakan akan meningkat. Kita tidak akan jatuh karena kebodohan kita tetapi kita akan terus mengalam kenaikan dalam segena usaha, pekerjaan dan pelayanan kita.
Yang ketiga, kita akan senantiasa berhasil dalam setiap pekerjaan tangan kita. Hal ini sangat memungkinkan karena kita tidak pernah terlepas dari sumber berkat itu yaitu Allah sendiri Sang Firman itu. Mari kita hidup dalam kesukaan akan Taurat Tuhan dan renungkanlah siang dan malam pasti kita akan mengalami perkara-perkara yang indah bersama dengan Tuhan. Lakukan sekarang dan jangan tunda-tunda lagi dan alamilah berkat-berkatNya.  (mbm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar