Daftar Blog Saya

Selasa, 21 Juni 2011

HIDUP OLEH ROH


Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup
(Rom 8 : 13)
Sebelum kita menerima Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan maka kehidupan kita dikuasai oleh manusia jasmani atau dalam istilah rohaninya adalah manusia daging. Saat kita hidup menurut daging maka kita akan mengalami kematian secara rohani bahkan kematian kekal. Tuhan menciptakan kita bukan untuk hidup dalam kedagingan tetapi hidup oleh Roh. Untuk hidup oleh Roh maka kita harus menjadi ciptaan yang baru alias menjadi manusia yang baru. Pertanyaannya adalah mengapa kita harus hidup oleh Roh ? Anda dapat menemukan jawaban  pertanyaan ini dari Alkitab yaitu melalui kitab Roma 8 : 1 -  13 sebagai berikut :
Pertama, saat Anda hidup oleh Roh maka Roh itu akan memberikan kehidupan yang memerdekakan Anda dari hukuman dosa dan hukuman maut. Anda pasti sering mendengar bahwa upah dosa adalah maut. Maut yang dimaksud yaitu kehidupan yang terpisah dari Allah untuk selama-lamanya. Tuhan mengasihi Anda secara luar biasa dengan memberikan penolong yang lain yaitu Roh Kebenaran yang akan menuntun kehidupan Anda agar menjalani kehidupan yang sesuai dengan pimpinan Roh Kudus. Saat kita hidup oleh Roh maka  hukuman dosa dan maut tidak menjadi bagian kita melainkan kehidupan kekal yang Tuhan berikan bagi kita.
Kedua, orang yang hidup oleh Roh maka dia tidak akan memikirkan hal-hal yang dari daging tetapi memikirkan hal-hal yang  dari Roh. Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu -- seperti yang telah kubuat dahulu -- bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah (Gal 5 : 19 – 21). Orang yang hidup oleh Roh ia akan mematikan semua perbuatan daging. Di dalam pikirannya hanyalah memikirkan tentang bagaimana menjalani kehidupan untuk menghasilkan buah roh yaitu kasih, sukacita, kesabaran damai sejahtera, kemurahan, kelemahlembutan, kebaikan, kesetiaan, penguasaan diri. Jadi kita harus menjalani kehidupan ini dengan hidup dipimpin oleh roh.
Ketiga, orang yang hidup oleh Roh dia akan menjadi kawan sekerja Allah bukan menjadi seterunya Allah. Anda harus menaklukan diri Anda kepada hukum-hukum Allah. Artinya, Anda harus menerapkan prinsip-prinsip rohani dalam segala aspek kehidupan Anda. Banyak orang mengaku sebagai pengikut Kristus tetai di dalam menjalani kehidupannya baik dalam pelayanan, pekerjaan, usaha, dan rumah tangga menggunakan prinsip yang ditawarkan oleh  dunia. Jika Anda menggunakan prinsip-prinsip yang ditawarkan dunia dalam segala aspek kehidupan Anda maka jangan kaget jika suatu saat kelak Anda mengalami suatu kekecewaan. Jika anda ridk ingin mengalami kekecewaan maka Anda harus memulai hidup oleh Roh.
Keempat, orang yang hidup oleh Roh adalah orang yang hidup memperkenankan Allah. Daud melakukan kehendak Allah ada jamannya maka Anda juga harus hidup melakukan kehendak Allah dengan cara memuliakan-Nya sepanjang hidup Anda. Orang yang berkenan di hati Allah kepadanya akan dipercayakan hal-hal rohani yang lebih lagi oleh Tuhan. Bahkan jauh sebelum Anda memerlukan sesuatu untuk hidup Anda Allah telah menyediakan berkat dan akan memberikannya kepada Anda tanpa harus memintanya. Dengan kata lain Allah sudah menyiapkan berkat yang luar biasa bagi Anda.(mbm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar